Wujudkan Indonesia Maju, 3 Poin Ini Mesti Dikedepankan

Berita, Teknologi182 Dilihat

Jakarta: Bonus demografi mesti dimanfaatkan maksimal untuk mewujudkan Indonesia maju. Ada tiga poin yang mesti diimplementasikan anak muda Indonesia supaya hal itu terwujud.
 

“Ada 3 hal penting yang perlu menjadi ukuran dasar pembangunan manusia adalah, kualitas ketahanan mental, kualitas karakter, dan kualitas kompetensi,” kata Life Mentor, Career Coach & CBT Therapist Life Talk Asia, Albert Egmont dalam keterangan tertulis, Senin, 21 Agustus 2023.
 
Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Indonesia telah memiliki 69 persen usia produktif dimulai dari usia 15 tahun ke atas. Hal tersebut dinilai melesatkan pertumbuhan ekonomi jika digunakan secara maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Albert mengatakan pembangunan tiga hal itu tidak mudah. Saat ini, kata dua, kualitas mental di Indonesia menjadi penghalang besar untuk mencapai kualitas manusia yang diharapkan. 
 
Menurut Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022, 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental. Kemudian, 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. 
 
“Dari jumlah itu, baru 2,6 persen yang mengakses layanan konseling, baik emosi maupun perilaku. Belum lagi di usia bekerja yang juga mengalami tantangan Kesehatan mental yang rumit,” kata Albert.
 
Memberikan edukasi serta aplikasi teknik membangun Kesehatan mental dimulai dari Dunia Pendidikan, agar dapat dilakukan untuk membangun setiap orang agar mampu membangun ketahanan mental, menjaga kesehatan mental dan cara melepaskan tekanan negatif dalam diri secara positif adalah kuncinya. 
 
“Di Life Talk Asia kami menyediakan team psikolog dan coach terbaik untuk mendampingi setiap orang dalam memberikan dukungan yang efektif kepada remaja, pemuda dan keluarga yang menjadi dasar, agar mampu memiliki kualitas baik saat berhadapan dengan kesehatan mentalnya,” ungkapnya.
 
Ibarat otot yang perlu dibangun dengan tekanan, begitu juga Teknik dan kemampuan yang diajarkan Life Talk Asia akan menjadi sebuah dukungan yang positif untuk pertumbuhan mental sehat dan kuat. Tidak kalah penting, seseorang wajib membangun kualitas karakter yang unggul di dalam dirinya. 
 
Hal ini berkenaan dengan moral atau ahklak yang sangat penting sebagai dasar seseorang bersikap dan melakukan segala sesuatu di dalam kehidupannya secara sehat dan positif. Namun kualitas karakter hanya bisa dibangun dari beberapa aspek, yaitu melalui beberapa tata kelola seperti, kelola mindset, kelola kebiasaan, kelola lingkungan. 
 
“Tanpa membangun dasar yang kuat akan ketiga hal ini, maka pengembangan karakter akan menjadi suatu hal yang sulit unutk dicapai. Di Life Talk Asia kami mendampingi Remaja, Pemuda dan keluarga untuk mendapatkan hasil maksimal tentang pengembangan karakter yang berkelanjutan,” ucap Albert.
 

Terakhir adalah pembangunan kompetensi manusia melalui pengenalan akan kekuatan dan arah jurusan dan karier secara tepat, akan membantu seseorang menemukan apa yang dapat dikembangkan dan kontribusikan bagi lingkungannya. Dengan adanya hal ini, seseorang akan mampu bertumbuh dan memberikan dampak yang positif. 
 
Namun, fakta di Indonesia dapat dilihat Pendidikan kompetensi masih menjadi problematik. Melalui score Programme for International Student Assessment (PISA), Indonesia belum memiliki kompetensi yang baik jika diukur sejak tahun 2018. Indonesia masih berada di urutan sekitar 70, alias peringkat ke enam dari bawah.
 
“Semuanya ini membutuhkan komitmen dan kesatuan hati untuk bergandengan tangan dari Dunia Pendidikan dan semua Lembaga terkait untuk fokus memastikan Indonesia tidak kehilangan musim emas,” kata Albert. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AZF)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Polisi Bakal Periksa Kejiwaan Siswa SMK yang Bunuh Satu Keluarga dengan Sadis di Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *